SEKILAS INFO

      » Perawatan Land Mark “Goa Ndalem” 2017       » Pemaparan APBDesa / RAPBDes Tahun Anggaran 2017       » Pemantauan Realisasi PBB Tahun 2017       » Angkringan bersama PLN di Desa Kebonagung 2017       » Imunisasi MR di TK PKK Desa Kebonagung 2017       » Pelatihan Pengembangan UMKM Di Desa Kebonagung 2017       » Kunjungan BAPEMAS Provinsi Jawa Timur 2017       » Donor Darah Oktober 2017       »       »
Saturday, 19 August 2017 - 1:54:54 pm

Tasyakuran HUT RI Ke 72 Desa Kebonagung

Diposting oleh :
Kategori: Aktivitas Warga - Dibaca:

0

kali

Kebonagung 19 Agustus 2017. Tradisi Tasyakuran di Desa Kebonagung sangat lekat dengan aktifitas warganya, sehingga setiap ada peringatan Hari Besar Pasti akan di adakan agenda tasyakuran di Setiap dusun. Tak kalah dengan Peringatan Hari Besar Agama untuk peringatan HUT RI Ke 72 pun dirayakan oleh warga Desa Kebonagung. Hal ini dilaksanakan karena merupakan wujud syukur terhadap yang Kuasa atas Nikmat menjadi warga Negara NKRI dan sekaligus mendoakan para leluhur beserta para pejuang yang telah mewujudkan Kemerdekaan NKRI.

Tasyakuran atau sering disebut dengan kata lain maleman oleh warga Desa. Kegiatan ini di laksanakan di Berbagai tempat di Dusun Kebonagung. Untuk Warga RW 1 pelaksanaan Tasyakuran berada di Kantor Desa Lama dan untuk Warga RW 2 dan Sekitarnya di laksanakan di perempatan mbah Umar (sekitar 20 meter  Sebelah selatan Kantor Desa Baru. red ). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2017 bakda magrib sampai menjelang isya (sekitar jam 18.00 – 18.45 WIB. Red).

Kegiatan ini diikuti masyarakat sangat antusias, hal ini ditandai dengan banyaknya warga sekitar RW 1 dan RW 2 berduyun – duyun untuk mengikuti kegiatan ini. Semua warga baik yang masih usia sekolah sampai lansia pun turut meramaikan kegiatan ini. Tidak Lupa pula warga yang mengikuti tasyakuran ini membawa sedekah seiklasnya dari rumah. Biasanya berupa nasi plus lauk pauk yang diwadah i oleh wadah plastik. Acara dibuka oleh pemuka agama masing – masing dusun dan  Sebelum mendoakan para pahlawan dan leluhur , Ada sedikit ceramah dari pemuka agama tentang pentingnya menjaga keutuhan NKRI. Hal ini sangat penting karena untuk mengingat pengorbanan pahlawan yang luar biasa untuk bisa merdeka seperti sekarang, serta menanamkan pemahaman kepada generasi muda akan arti penting mempertahankan kemerdekaan. Setalah itu acara dilanjut dengan doa bersama dan di tutup dengan pembagian sedekah yang sebelumnya telah dikumpulkan oleh warga untuk dinikmati bersama – sama.

Suasana Tasyakuran di RW 1 di Balai Desa Lama.

Antusiasme Warga Dusun Tosari RW 1 sampai meluber ke pinggir jalan

Kegiatan Tasyakuran RW 2 di Perempatan Mbah Umar (Selatan Kantor Desa Baru)

Saat Doa Bersama di RW 2 dan Warga Sekitar

Share This :

Isi Komentar :

Your email address will not be published. Required fields are marked *