SEKILAS INFO

      » Pembukaan KKM Tematik UNDAR Desa Kebonagung 2018       » Pelatihan Pengolahan Manajemen dan Aspek Hukum UMKM 2018       » Kegiatan Bersih Lingkungan Dusun Tosari 2018       » Pemberantasan Sarang Nyamuk 2018       » Pelatihan Mencetak Sablon Karang Taruna Desa Kebonagung 2018       » Peringatan “5th Anniversary Atik Minarni”       » Penutupan Kegiatan KKM Tematik UNDAR Desa Kebonagung 2018       » Penangan Rumah Roboh Dusun Keduk 2018       »       »
Wednesday, 28 March 2018 - 12:31:52 pm

Prosesi Buka Bumi Desa Kebonagung 2018

Diposting oleh :
Kategori: Aktivitas Warga Pembangunan - Dibaca:

0

kali


Kebonagung 28 Maret 2018. Budaya yang ada di seluruh Nusantara selalu berbeda da memiliki ciri khas tersendiri di setiap daerah. Karena budaya inilah Bangsa Indonesia memiliki beragam adat istiadat yang beraneka ragam. Kebudayaan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat, karena hal ini juga masyarakat bisa menumbuhkan rasa kegotong royongan untuk saling bahu membahu membantu sesama. Di Desa Kebonagung ada salah satu tradisi yang selalu di gelar setiap tahun di sekitar irigasi untuk pengairan Sawah yang ada di Desa Kebonagung. Tradisi ini disebut juga dengan Buka Bumi yang di selenggarakan di Kali Talang pada tanggal 23 Maret 2018 pada pukul 06.00 WIB.

Pada perayaan Buka Bumi ini masyarakat yang memiliki lahan garapan sawah disekitar irigasi (Kali Talang) membawa sedekah berupa makanan dan lauk yang di taruh dalam wadah lengkong (wadah yang di buat dari batang pisang) atau wadah lainnya yang terbuat dari plastik sebagai ucapan rasa syukur kepada sang pencipta yang telah memberikan kelimpahan panen kepada petani. Setelah masyarakat berkumpul pada titik yang telah disepakati maka kegiatan selanjutnya adalah ceramah dari pemuka agama setempat seputar tentang syukuran buka bumi tersebut. Setelah selesai dengan ceramah kemudian berdoa bersama yang dipimpin oleh pemuka agama setempat dan kegiatan selanjutnya adalah pembagian sedekah yang dikumpulkan oleh masyarakat.

Akan tetapi kegiatan tidak berhenti setelah pembagian sedekah, kegiatan selanjutnya adalah membenahi saluran irigasi secara bersama – sama.  Kegiatan ini seperti memperbaiki bagian irigasi yang rusak, mengeruk tanah yang bersedimen pada bagian irigasi sehingga terjadi pendangkalan pada saluran irigasi, pembersihan dari sampah – sampah yang menggangu jalur irigasi. Setelah bersih saluran irigasi dirasa cukup maka kegiatan selanjutnya adalah kumpul bareng untuk beristirahat dan memakan sedekah yang telah dibagikan tadi.

Warga gotong royong memperbaiki saluran irigasi di Kali Talang.

Pembukaan Buka Bumi Oleh Gus Mamik

 

Share This :

Isi Komentar :

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »