SEKILAS INFO

      » Pelayanan Posyandu Kenanga Dusun Keduk per Maret 2018       » Pelayanan Posyandu Paluhombo per Maret 2018       » Pelayanan Posyandu Balita Tosari Timur per Maret 2018       » Prosesi Buka Bumi Desa Kebonagung 2018       » Penerimaan Dana Bantuan PKH 2018       » Vaksinasi Difteri Desa Kebonagung 2018       » Penangan Rumah Roboh Dusun Keduk 2018       » Penutupan Kegiatan KKM Tematik UNDAR Desa Kebonagung 2018       »
Saturday, 9 January 2016 - 3:00:00 pm

Pengembangan Bio Energi Terpadu

Diposting oleh :
Kategori: Berita - Dibaca:

43

kali

Pengembangan Bio Energi Terpadu

Desa Kebonagung mendapatkan kehormatan menjadi lokasi pelaksanaan Pilot Project program Pengembangan Bio Energi Terpadu oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia melalui Direktorat Pengembangan Sumber Daya Alam Kawasan Perdesaan Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Perdagangan.

biogas_keduk_2.jpg

biogas_keduk_1.jpg

Seluruh Indonesia hanya terdapat di 20 kabupaten sebagai Pilot Project. Jawa Timur mendapat jatah 2 (dua) kabupaten, yaitu Malang dan Nganjuk. Untuk Kabupaten Nganjuk berlokasi di Desa Kebonagung dan Desa Siwalan semuanya di Kecamatan Sawahan. Lokasi untuk Desa Kebonagung berada di Dusun Keduk sejumlah 9 kelompok, sementara di Desa Siwalan ada 5 kelompok, masing-masing kelompok mendapatkan 4 ekor sapi yang terdiri dari 3 ekor sapi betina dan 1 (satu) ekor sapi jantan.

wpid-rps20160110_181453_529.jpg

Dengan sistem program pengembangan bio energi terpadu ini diharapkan apabila masing-masing personal dalam kelompok sudah mendapat bagian dari sapi (anak atau induk, yang regulasinya sekarang masih dalam penggodokan) dapat bergulir kepada kelompok baru. Selain kelompok pertama tadi sudah mendapatkan manfaat dari biogas.

wpid-rps20160110_175230_213.jpg

Penyerahan secara simbolis dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2015 di Pringgondani Siwalan. Program ini bersistem perguliran, jadi berkelanjutan. Apabila satu kelompok sudah dapat mengambil manfaat baik dari Sapi atau biogas, maka akan digulirkan kepada kelompok (baru) yang lain.

Share This :

Pengembangan Bio Energi Terpadu
  1. atik minarni says:

    Dng adanya program ttg ini mudah2an bermanfaat bagi masy. N mengangkat ekonomi masy lebih baiki n nantinya bisa bergulir ke masyarakat lainya jg bisa menikmati ttg ini

Isi Komentar :

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate ยป