SEKILAS INFO

      » Pembukaan KKM Tematik UNDAR Desa Kebonagung 2018       » Pelatihan Pengolahan Manajemen dan Aspek Hukum UMKM 2018       » Kegiatan Bersih Lingkungan Dusun Tosari 2018       » Pemberantasan Sarang Nyamuk 2018       » Pelatihan Mencetak Sablon Karang Taruna Desa Kebonagung 2018       » Peringatan “5th Anniversary Atik Minarni”       » Penutupan Kegiatan KKM Tematik UNDAR Desa Kebonagung 2018       » Penangan Rumah Roboh Dusun Keduk 2018       »       »
Wednesday, 1 March 2017 - 1:20:44 pm

Pemaparan Penggunaan APBDes Tahun Anggaran 2016

Diposting oleh :
Kategori: Berita Info Desa - Dibaca:

0

kali

Kebonagung, Selasa 28 Februari 2017 Acara Pemaparan tentang penggunaan APBDes Tahun Anggaran 2016 dilaksanakan di balai desa Beranti pada pukul 13.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh berbagai perwakilan dari unsur elemen masyarakat mulai dari BPD, LPM, PKK, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna, Kader Kesehatan, RT dan RW. Pada acara ini dipaparkan tentang Realisasi Anggaran APBDesa tahun 2016 yang telah dilaksanakan oleh pihak pemdes kepada masyarakatnya. Hal ini penting karena dapat menjadi landasan pembanguan mendatang dan bisa menjadi tolok ukur keberhasilan program yang diusung pada Musrembagdesa pada tahun sebelumnya.

Dalam sambutannya Bu Atik Minarni menjelaskan pentingnya pemaparan ini untuk masyarakat, karena masyarakat wajib tahu akan perkembangan dan penggunaan anggaran APBDesa selama setahun. “Alhamdulilah anggaran APBDesa tahun 2016 telah terserap 99,3%. karena adanya SILPA (Sisa Lebih Perhitungan Lembaga) dengan sisa dana Rp. 4.156.227,-, SILPA tersebut terjadi karena anggaran yang diajukan dengan realisasi penggunaan anggaran terjadi sisa”. Terangnya

Pemaparan tentang Penggunaan APBDes dibarengi oleh penjelasan tentang Perbup (Peraturan Bupati) no 32 dan 33 tahun 2015 tentang STOK (Struktur Organisasi Pemerintah Desa) dan peraturan tentang pemilihan kepala desa serentak yang disampaikan oleh Pak Jatmiko selaku Kaur Pemerintahan dan Trantib Kecamatan Sawahan. Peraturan Perbup (Peraturan Bupati) ini berlaku pada tahun awal 2017.

Selaku sebagai wakil dari Camat Sawahan pak Jatmiko juga menjelaskan tentang perbup no 33 tahun 2017, yang berisi tentang pemilihan kepala desa serentak. Dalam hal ini penentu penyelenggaran pemilihan kepala desa serentak adalah bapak bupati, tidak lagi ada alasan tentang nunggu hari baik lah, harus hari ini, hari itu dan lain sebagainya. Akan tetapi semua ditetapkan oleh bapak bupati dengan berkoordinasi dengan lembaga terkait. Terangnya.

Berikut ini adalah Rincian Penggunaan Dana APBDesa Tahun 2016

Share This :

Isi Komentar :

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »