SEKILAS INFO

      » Pelayanan Posyandu Kenanga Dusun Keduk per Maret 2018       » Pelayanan Posyandu Paluhombo per Maret 2018       » Pelayanan Posyandu Balita Tosari Timur per Maret 2018       » Prosesi Buka Bumi Desa Kebonagung 2018       » Penerimaan Dana Bantuan PKH 2018       » Vaksinasi Difteri Desa Kebonagung 2018       » Penangan Rumah Roboh Dusun Keduk 2018       » Penutupan Kegiatan KKM Tematik UNDAR Desa Kebonagung 2018       »
Thursday, 4 May 2017 - 11:10:18 am

Pelayanan Pembutan Akta Nikah

Diposting oleh :
Kategori: Layanan Publik - Dibaca:

0

kali

Lokasi Pelayanan : Kantor Desa Kebonagung
Waktu Pelayanan : Pada waktu Jam Kerja (Senin – Jum’at)
Akta Nikah adalah Akta Catatan Sipil hasil pencatatan peristiwa pernikahan yang terjadi pada suatu daerah yang sah menurut agama dan pemerintah. Sebagai hasil pelaporan pernikahan, diterbitkan Buku Nikah yang dikeluarkan oleh KUA kecamatan setempat.

Berdasarkan PP NO 48 Tahhun 2014 dan PMA NO : 24 Tahun 2014 biaya nikah adalah GRATIS dikantor KUA selama jam dan hari kerja. Juga untuk daerah yang terkena bencana, dan bagi orang yang tidak mampu dengan disertai bukti Surat Keterangan Tidak Mampu yang diketahui oleh Camat. Sedangkan Biaya nikah diluar kantor KUA Biaya nikah adalah Rp 600.000

Tahapan mengurus surat nikah ada 3 tahap yaitu :
1. RT/RW Persyaratan yang harus dibawa :
Surat Keterangan dari tempat tinggal setempat RT/RW,
a. Fotocopy KTP Kedua calon pengantin,
b. Fotocopy Kartu Keluarga,
c. Surat pernyataan belum menikah
d. Membawa Materai 6000.

2. Kelurahan, Persyaratan yang dibawa :
a. Semua Surat Keterangan dari dari RT/RW
b. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk,
c. Fotocopy Kartu Keluarga
d. Pas Foto ukuran 2 X 3 dan 3 X 4 masing – masing 6 lembar, dengan berlatar belakang foto warna biru.
e. Berdasarkan keputusan dirjen bimas Islam nomor DJ.II/1142/2013 Pas photo untuk kutipan buku nikah adalah berlatar belakang WARNA BIRU
f. Mengurus surat N1, N2, N4. (diisikan oleh petugas yang ditunjuk oleh desa) N3 (tidak diisi) karena surat keterangan tanda bahwa pasangan sudah resmi menjadi suami istri.

3. KUA Kecamatan Persyaratan yang dibawa :
Calon pengantin datang langsung ke KUA Kecamatan untuk mendaftarkan Pernikahannya, dengan membawa persyaratan nikah sebagai berikut :
a. Surat Keterangan untuk nikah (model N1),
b. Surat Keterangan asal-usul (model N2)
c. Surat Keterangan tentang orang tua (model N4),
d. Surat pemberitahuan kehendak nikah (model N7) apabila calon pengantin berhalangan, pemberitahuan nikah dapat dilakukan oleh wali atau wakilnya.
e. Surat izin pengadilan apabila tidak ada izin dari orangtua/wali.
f. Pas foto ukuran 2 x 3 sebanyak 3 lembar untuk masing – masing calon
g. Dispensasi dari pengadilan bagi calon suami yang belum berumur 19 tahun dan bagi calon isteri yang belum berumur 16 tahun.
h. Bagi anggota TNI/POLRI membawa surat izin dari atasan masing-masing.
i. Surat izin Pengadilan bagi suami yang hendak beristri lebih dari satu orang
j. Akta cerai atau kutipan buku pendaftaran talak/buku pendaftaran cerai bagi mereka yang perceraiannya terjadi sebelum berlakunya Undang-Undang Nomor 7 tahun 1989.
k. Surat keterangan tentang kematian suami/istri yang ditandatangani oleh Kepala Desa/Lurah atau pejabat berwenang yang menjadi dasar pengisian model N6 bagi janda/duda yang akan menikah.

Share This :

Isi Komentar :

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »