SEKILAS INFO

      » Pembukaan KKM Tematik UNDAR Desa Kebonagung 2018       » Pelatihan Pengolahan Manajemen dan Aspek Hukum UMKM 2018       » Kegiatan Bersih Lingkungan Dusun Tosari 2018       » Pemberantasan Sarang Nyamuk 2018       » Pelatihan Mencetak Sablon Karang Taruna Desa Kebonagung 2018       » Peringatan “5th Anniversary Atik Minarni”       » Penutupan Kegiatan KKM Tematik UNDAR Desa Kebonagung 2018       » Penangan Rumah Roboh Dusun Keduk 2018       »       »
Tuesday, 28 August 2018 - 3:11:10 pm

Lomba Desa Tangguh Bencana 2018

Diposting oleh :
Kategori: Aktivitas Warga Info Desa Layanan Publik Pembangunan - Dibaca:

0

kali

Kebonagung 28 Agustus 2018. Desa Tangguh Bencana merupakan Program dari BNPB dalam rangka mebuat Desa tersebut tangguh dalam menghadapi Bencana baik dari Alam Maupun dari Non Alam. Untuk tahun 2018 ini BPBD Provinsi Jawa Timur telah mengadakan 4 kali untuk Penilaian Desa Tangguh Bencana, Mulai dari Tingkat Mula, Madya dan Pratama. Desa Kebonagung didaftarkan untuk Lomba Destana Tingkat Madya untuk mewakili Kabupaten Nganjuk melalui BPBD Nganjuk. Pada tanggal 02 Agustus 2018 Desa Kebonagung mendapatkan kunjungan untuk dinilai Tim Destana Desa Kebonagung dari Segi Dokumen dan dari Upaya Pengurangan Resiko Bencana yang ada di Desa Kebonagung. Penilaian Lomba Destana ini dimulai dengan Penyambutan di Pendopo Branti Desa Kebonagung, pada sambutan ini acara dikemas secara sederhana dengan menyayikan lagu Indonesia Raya serta lagu Tangguh Bencana. Setelah menyanyikan lagu acara selanjutnya adalah dengan sambutan – sambutan yang diisi oleh Ibu Kepala Desa,kalaksa BPBD Kabupaten Nganjuk serta kalaksa BPBD Propinsi Jawa Timur. Pada sambutan Pertama disampaikan Oleh Ibu Kepala Desa. Pada sambutanya beliau menceritakan sekilas tentang Tim Destana Desa Kebonagung serta bagaimana dukungan Pemerintah Desa dalam rangka mengurangi Resiko Bencana di Desa Kebonagung. Setelah sambutan dari Ibu Kepala Desa , sambutan selanjutnya di isi oleh kalaksa BPBD Kabupaten Nganjuk Yakni IR Soekonjono MM, pada sambutanya beliau menceritakan rencana untuk membuat Desa Tangguh Bencana yang serupa dengan Desa Kebonagung di seluruh Kabupaten Nganjuk dan akan mengajukan pengembangan selanjutnya untuk pendampingan Desa yang sudah ada Desa Tangguh Bencana seperti Desa Kebonagung dan Desa Mbareng. Sambutan Selanjutnya disampaikan Oleh Kalaksa BPBD Provinsi Jawa Timur Bapak Drs. Ec. Sudarmawan, MM, Pada sambutanya Beliau mengutarakan Apresiasi Kepada Desa Kebonagung yang telah menyambut TIM BPBD Propinsi Jawa Timur dengan Baik dan harapanya Dokumen – Dokumen yang dihasilkan selama Pelatihan 20 kali pertemuan di Desa Kebonagungdan di danai dari APBN untuk Pembentukan Desa Tangguh Bencana di Kabupaten Nganjuk dapat Benar – Benar bisa mengurangi Resiko Bencana Khususnya di Di Desa Kebonagung.
Setelah sambutan – sambutan diatas acara selanjutnya adalah penampilan tari saman dari MI Mambaul Ulum. Setelah hiburan dari MI Mambaul Ulum Selesai Selanjutnya Tim Penilai dari BPBD Provinsi Jawa Timur diarahkan untuk melihat Paparan dari Saudara Imam Bukhori yang menjelaskan tentang Topografi, Sumber Daya, Aset Serta Berbagai Hal yang telah dicapai oleh Tim Destana Desa Kebonagung. Setelah Pemaparan tersebut selesai para Juri yang hadir memberikan beberapa pertanyaan kepada penyaji. Tidak Lupa Pula Tim Penilai Destana dari Provinsi Jawa Timur Melihat dan memeriksa Dokumen yang dimiliki serta tanya jawab seputar isi dari Dokumen kepada Tim Destana Desa Kebonagung. Juri yang lainnya meninjau lapangan untuk melihat kesiapsiagaan serta bagaimana langkah – langkah yang telah dicapai dalam rangka mengurangi resiko terhadap bencana di masyarakat. Juri yang lainnya mengunjungi Simulasi tentang Penerapan Mitigasi atau Upaya pengurangan Resiko Bencana di Lapisan Masyarakat. Setelah semua penilaian selesai maka diakhir sesi ada Evalasi tentang apa yang telah dicapai oleh Tim Destana Desa Kebonagung. “Hasil yang dicapai di Kebonagung memang baik dan selama saya menilai diberbagai Desa yang mempunyai TIM DESTANA maka Desa Kebonagung termasuk Desa yang terbaik yang pernah saya kunjungi. Semoga nanti kedepannya Destana Desa Kebonagung dapat menjadi Contoh untuk Desa lain terutama untuk model Desa Tangguh Bencana di Kecamatan Sawahan,” Tutur Ketua Tim Penilai Desa Tangguh Bencana 2018 Provinsi Jawa Timur
Agung Subagyo, S.STP, M.Si selaku Kasi Kesiapsiagaan BPBD Provinsi jawa Timur. Setelah simpulan yang disampaikan oleh TIM DESTANA dari Provinsi Jawa Timur ini maka acara dilanjutkan dengan Foto Bersama serta Ramah Tamah.

Pemeriksaan Dokumen DESTANA Desa Kebonagung Oleh Tim dari BPBD Jawa Timur

Bapak Subagyo, S.STP, M.Si sedang memberikan Evaluasi Terhadap TIM DESTANA Desa Kebonagung saat setelah Penilaian Berkas Dokumen serta Kesiapsiagaan Masyarakat Desa Kebonagung

Share This :

Isi Komentar :

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »